Kenalan yuk sama WHMCS

whmcsWHMCS. Awal masuk kerja di tempat hosting aku bingung, apa sih WHMCS ini? fungsinya apa sih? Kayak CMS WordPress, Joomla atau beda?

Dan ternyata WHMCS itu sebenernya adalah Sistem Billing buat bisnis online. Bisnis online yang dimaksud adalah bisnis hosting, domain, server vps, dan semacamnya. Kalau dalam bahasa resminya nih WHMCS adalah salah satu dari sekian sistem managemen yang hampir dapat mengatur semua feature yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis resell online, dari mulai pendaftaran pelanggan, proses penjualan, hingga penghentian suatu pelanggan atau pemutusan suatu pesanan yang dilakukan oleh pelanggan.

Gimana? pusing ya? ribet ya bahasanya? intinya WHMCS ini sistem yang fungsinya untuk billing server email, server web, domain, dan semacamnya. Bahasa kayak gitu lebih mudah dipahami ya rasanya.

Lalu untuk feature yang ada di WHMCS nih. Aku mau posting feature yang ada di WHMCS, tapi karena aku lihat terlalu banyak featurenya, maka aku simpulkan aku akan kasih link-nya aja.  Jadi silahkan baca-baca sendiri ya.

Feature WHMCS

Leave a Reply

